Sekilas IESP

Jurusan (IESP) merupakan salah satu dari tiga jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, yang berdiri pada tahun 1963 berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No 25 tanggal 23 Maret 1963. Dalam perjalanan akademiknya, jurusan IESP telah berperan cukup penting khususnya dalam membantu pemerintah daerah dalam mempersiapkan tenaga handal yang dibutuhkan bagi percepatan pembangunan daerah. Sampai sejauh ini, alumni Jurusan IESP telah banyak berperan dalam perumusan kebijakan pembangunan di seluruh pelosok propinsi Jambi. Jumlah alumni yang berhasil menduduki posisi strategis di berbagai instansi penting seperti Departemen Keuangan, perbankan, dan sebagainya juga relatif cukup banyak.

Selanjutnya dalam upaya meningkatkan peran serta jurusan IESP dalam berbagai aspek pembangunan daerah, telah dijalin kerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga di lingkup provinsi Jambi dan nasional. Beberapa kali kerja sama yang sudah berlangsung diantaranya adalah: kerjasama antara jurusan IESP dengan Bank Indonesia, Bappeda Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, BPKP, Bappenas, PT. BBS (Bukit Bintang Sawit), BPR Tanggo Rajo, BPR Pondah, Conoco Philips, JICA dan sebagainya. Kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak tersebut terwujud dalam berbagai bentuk kegiatan, meliputi: kegiatan penelitian dan pengembangan, berbagai kegiatan pelatihan, seminar, lokakarya dan berbagai program advokasi atau program pendampingan termasuk beberapa kegiatan yang terkait dengan perencanaan pembangunan daerah.

Saat ini jurusan IESP memiliki 5 (lima) bidang konsentrasi ilmu, yaitu:

  1. Konsentrasi Perencanaan dan Pembangunan Regional (PPR)
  2. Konsentrasi  Industri dan Perdagangan Internasional (IPI),
  3. Konsentrasi Sumberdaya Manusia dan Kependudukan (SMK),
  4. Konsentrasi Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah (EPK)
  5. Konsentrasi Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah

Lima konsentrasi yang ditawarkan pada jurusan IESP FE-UNJA ini merupakan jawaban atas kebutuhan pasar yang berkembang dewasa ini, khususnya dalam rangka pengembangan dan pembangunan daerah Jambi. Melalui lima konsentrasi tersebut diharapkan dapat dihasilkan lulusan yang memiliki karakteristik dengan keahlian khusus, sehingga mampu berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah. Keahlian khusus yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Konsentrasi Perencanaan Pembangunan Regiona (PPR), diharapkan mampu menciptakan tenaga perencana yang handal, sehingga dapat mengisi kebutuhan dan peluang kerja sesuai dengan bidangnya.

Konsentrasi Industri dan Perdagangan Internasional (IPI), dimaksudkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan dan memanfaatkan peluang pasar dan peluang investasi, memiliki kemampuan analisis untuk memecahkan persoalan di sektor industri, keuangan, perbankan, dan perdagangan internasional. Keberadaan konsentrasi ini menjadi semakin penting dikaitkan dengan isue perkembangan global.

Konsentrasi Sumberdaya Manusia dan Kependudukan (SMK) diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu memecahkan masalah kependudukan dan ketenagakerjaan.

Konsentrasi Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah (EPK), diharapkan mampu menciptakan lulusan yang dapat menerapkan ilmunya dalam bidang ekonomi publik dan keuangan daerah.

Konsentrasi Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah (EIS), diharapkan mampu menciptakan lulusan yang dapat menerapkan ilmunya diperbankan syariah.

Adapun visi dan misi jurusan IESP sebagai berikut:

Visi

Menjadi jurusan yang unggul dalam bidang ilmu ekonomi di Indonesia pada tahun 2020

Misi

    1. Mengembangkan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing merebut peluang kerja di pasar  kerja.
    2. Mengembangkan penelitian dan kegiatan ilmiah sehingga mampu memberikan sumbangan konstruktif bagi percepatan pembangunan baik pada tingkat kabupaten / kota, provinsi, regional dan nasional.
    3. Mengembangkan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat sehingga mampu mendorong kreativitas masyarakat untuk maju dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
    4. Meningkatkan kualitas manajemen program studi termasuk pengembangan database  program studi dan transparansi keuangan.
    5. Meningkatkan kualitas personil jurusan yang meliputi tenaga administrasi dan dosen yang diarahkan sesuai dengan disiplin ilmu yang diminati dan kebutuhan jurusan khususnya serta fakultas dan universitas pada umumnya.
    6. Meningkatkan dan memberdayakan kosentrasi keilmuan di tingkat jurusan sesuai dengan tuntutan pelayanan pembangunan daerah, nasional dan global.

      Tujuan Program Studi IESP Universitas Jambi mengacu pada statuta, Renstra, direktori program studi, kurikulum, dan peraturan perundang-undangan terkait. Secara rinci tujuan program IESP adalah:

        1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, sehingga unggul dalam menciptakan peluang kerja khususnya di Propinsi Jambi.
        2. Menciptakan lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan dari jurusan IESP yang sama di perguruan tinggi lainnya, khususnya di Sumatera dan umumnya di Indonesia dalam merebut pasar kerja pada level dan skala regional dan nasional

          Untuk mencapai tujuan itu, maka tujuan institusional jurusan IESP adalah sebagai berikut:

            1. Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki basis intellectual academic and professional scientific dalam disiplin ilmu ekonomi dan studi pembangunan, sehingga mampu mengaplikasikannya dalam dunia nyata.
            2. Memungkinkan lulusan IESP untuk mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari program studi IESP kepada masyarakat sehingga mereka mampu memainkan peran dalam pengembangan masyarakat lokal maupun dalam cakupan yang lebih luas.
            3. Meningkatkan daya saing lulusan melalui pengembangan kurikulum, program akademis dan proses pendidikan sehingga mampu unggul dari lulusan yang sama dari perguruan tinggi lain saat memasuki pasar kerja baik di sektor swasta, BUMN/BUMD, maupun di sektor pemerintah.
            4. Menghasilkan sarjana IESP yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan memiliki kemampuan akademik dan profesional sesuai dengan bidang ilmunya, yang dapat diandalkan untuk mengisi pasar tenaga kerja di kawasan lokal, regional maupun nasional, serta mampu dan termotivasi untuk mengembangkan diri sesuai kebutuhan perkembangan Iptek di bidang ilmu ekonomi yang mempunyai rasa kebanggaan, kekerabatan yang tinggi dan cinta almamater.
            5. Menghasilkan publikasi, laporan, model dan piranti lainnya sebagai hasil penelitian dan upaya pengabdian masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pengembangan dan pembangunan ekonomi di Provinsi Jambi khususnya dan di tingkat nasional pada umumnya.
            6. Menghasilkan olahan dan diseminasi informasi ekonomi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dan produktifitas masyarakat di Provinsi Jambi khususnya dan di tingkat nasional pada umumnya.
            7. Menghasilkan piranti dan kiat pengembangan organisasi pendidikan tinggi, khususnya di bidang ilmu ekonomi, yang dapat bermanfaat sebagai wahana studi banding bagi institusi lain.

              %d blogger menyukai ini: