Program Transformasi Data Ordinal ke Interval

Dalam penggunaan alat analisis, umumnya ditentukan skala minimal dari data yang dibutuhkan. Namun seringkali data yang dimiliki tidak memenuhi persyaratan tersebut. Misalnya, data yang dimiliki berskala ordinal, sementara persyaratan alat analisis membutuhkan data dengan skala minimal adalah data interval. Dalam kondisi tersebut, perlu dilakukan transformasi data dari skala ordinal ke interval.

Dalam kerangka transformasi data tersebut, salah seorang staf pengajar jurusan IESP FE-UNJA telah mengembangkan satu program dalam bentuk add-in Excel.  Program tersebut dinamakan ORDI.  Program ini dapat beroperasi pada lingkungan Microsoft Office Excel 2003 dan 2007. Metode transformasi yang digunakan dalam program Ordi ini adalah method of successive interval, Hays (1976)

Program Ordi ini dapat berjalan dalam satu kali operasi perhitungan dengan jumlah observasi per variabel mencapai 1000 observasi dan jumlah variabel sampai 90 variabel. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan komputer (laptop) Acer Aspire 4520 (AMD Turion 64 x 2), dengan jumlah variabel 90 dan masing-masing variabel memiliki observasi sebanyak 1000, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Sangat efisien.

Tampilan Program ORDI cukup sederhana dan pengoperasiannya juga sangat mudah. Lihat tampilan program seperti dibawah ini:

Tertarik dengan program ini. Silakan klik disini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: